Blog Nur Akhwan

mime type, mime type SQL, SQL file mime, cara mime type SQL, mime error

Cara menambahkan MIME type untuk file .SQL di Codeigniter

MIME merupakan kependekan dari Multipurpose Internet Mail Extension. Pengertiannya adalah sebuah mekanisme untuk mengirim berbagai macam file (seperti file teks, gambar, video, dll) agar browser dapat menterjemahkan isi file tersebut dengan benar. Sesuai namanya, MIME pada dasarnya digunakan pada pertukaran data file di email. Namun, sepertinya, dalam proses upload file di sebuah aplikasi berbasis web, penggunaan MIME ini juga diperlukan.




Permasalahan yang muncul adalah ada beberapa file yang belum/tidak ada/tidak dikenali oleh web server kita. Salah satunya adalah file .SQL. Kebetulan saya membuat sebuah aplikasi berbasis web dengan menggunakan framework Codeigniter, dimana dalam aplikasi tersebut ada fasilitas untuk mem-backup dan merestore database. Otomatis, saya menggunakan tipe file .SQL. Namun ternyata file tipe itu tidak dikenal oleh web server, sehingga setiap kali melakukan validasi upload, akan muncul error : 


The filetype you are attempting to upload is not allowed.

Akhirnya, setelah melakukan pencarian di sana sini tentang bagaimana  cara menambahkan MIME type untuk file .SQL di Codeigniter ini, akhirnya ditemukan solusi, yaitu dengan menambahkan mime type sendiri. Saya mencoba menambahkan di file "application/config/mimes.php" di baris terakhir. Saya menambahkan mimes type SQL pada baris terakhir, dengan cara berikut ini : 


Sebelum
'json' => array('application/json', 'text/json')
);
Sesudah
'json' => array('application/json', 'text/json'),
'sql' => 'application/octet-stream'
);
Dan akhirnya, tadaaaa... setelah dicoba kembali fasilitas restore database dapat berjalan kembali dengan normal.




*) PROMOSI JASA 
Jangan lupa klo membutuhkan website profil, website sekolah, sistem informasi, yang ada hubungannya dengan website, hubungi ane saja, gan. Respon cepat hubungi via Whatsapp : 085292747190. 

1 komentar:

  1. masih bingung gan :3


    Mudahnya Isi Pulsa Menggunakan Aplikasi Android , Gak Ribet + Gak Capek Tinggal Pilih Klik Bayar.Selain Pulsa Juga Bisa Untuk Bayar BPJS dan PPOB Lainnya , Buruan Download Sekarang GRATIS di Play Store : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cendana2000.serbabayarmobile

    BalasHapus